Cara menentukan insight dalam pidato

 

Insight

Isi sebuah pidato terbagi atas beberapa unsur yang dikelompokkan menjadi data
(thinking), koneksi (Feeling), dan tindakan (The Call to action).

Inilah yang disebut strategi
TFA dalam menyusun pidato.

Baik kita uraikan satu persatu

Thinking. pikirkan tentang data. Jika bisa fakta yang mengejutkan yang akan dibagikan kepada audiens. sajikanlah data terbaru, yang aktual.

contoh
:

di saat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
RI, Ibu Susi Pudjiastuti pernah berbicara di depan umum mengenai maling-maling dari negara tetangga. dalam materi pidatonya beliau melontarkan beberapa pertanyaan berbentuk fakta seperti;

tahu tidak bahwa ada 5 juta ton ikan yang dicuri dari perairan Indonesia setiap tahunnya? karena pencurian tersebut kita mengalami kerugian sekitar 50 miliar dolar AS setiap tahunnya

Paparkan fakta terbaru yang kuat dan membuat orang berpikir kalimat tersebut berisi informasi, klarifikasi, inspirasi dan motivasi. Gabungan paket lengkap yang sangat memiliki impact yang kuat.

Feeling
. Selipkan konten yang menyentuh perasaan audiens. Contohnya; Coba bayangkan jika Jakarta semakin hari semakin tidak nyaman karena tindakan anarkis.

sentuhlah area emosi dengan kehidupan audiens Anda.

inilah sebabnya memetakan audiens penting untuk dilakukan. melalui pendekatan psikologi seorang komunikator akan menjalin koneksi yang baik dengan audiensnya.

the call to action. masukkan kalimat penutup yang tepat di akhir pidato yang mengajak audiens untuk bergerak atau bertindak.

thinking dan feeling harus selalu bergandengan sehingga apa yang akan Anda komunikasikan kepada audiens bisa diterima dengan maksimal. titik kedua unsur ini juga merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk menghasilkan a call to action.

Berikut adalah contoh penerapan 3 unsur tersebut :

Tahukah anda bahwa jumlah gajah di Afrika hanya tinggal 400 ribu ekor ? Menurut data yang didapatkan sekelompok organisasi penyayang binatang di Afrika, sekitar 30-38 ribu ekor gajah dibunuh setiap tahunnya. Dalam waktu kurang dari 11 tahun gajah Afrika bisa jadi punah dan bernasib sama dengan dinosaurus.”

sebagai suatu perenungan;

Mengapa Anda tidak tertarik ketika membeli produk dari SPG ?

jawabannya karena tawaran itu hanya dikemas dengan menggunakan unsur think
(data) tanpa memasukkan unsur feeling (koneksi).

 

Comments